Berapa Lama Daging Sapi Kurban Bisa Tahan di Freezer?

Rabu, 19 Juni 2024 - 13:40 WIB
loading...
Berapa Lama Daging Sapi...
Menyimpan daging sapi kurban di freezer dengan benar penting untuk memastikan kualitas. Selain itu, daging bisa disantap dalam jangka waktu yang lebih panjang. Foto/Istock Photo Qwart
A A A
JAKARTA - Menyimpan daging sapi kurban di freezer dengan benar adalah langkah penting untuk memastikan kualitas dan keamanannya saat dikonsumsi. Selain itu, daging bisa disantap dalam jangka waktu yang lebih panjang.

Dirangkum dari berbagai sumber, Rabu (19/6/2024), freezer adalah alat yang sangat efektif untuk menyimpan daging dalam jangka waktu lama. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar daging tetap berkualitas.

Daging sapi kurban dapat bertahan di freezer hingga 6-12 bulan jika disimpan pada suhu -18 derajat Celsius atau lebih rendah. Untuk memastikan daging tetap berkualitas tinggi, penting untuk memperhatikan metode pengemasan, suhu penyimpanan, dan cara mencairkan daging.



Umur Simpan Daging Sapi Kurban di Freezer



Secara umum, daging sapi kurban yang disimpan di freezer pada suhu -18 derajat celsius atau lebih rendah dapat bertahan hingga 6-12 bulan. Namun, kualitas daging, seperti tekstur dan rasa, akan lebih baik jika dikonsumsi dalam waktu 4-6 bulan.

Rincian Penyimpanan



1. Daging Sapi Mentah (Potongan Utuh): 6-12 bulan
2. Daging Sapi Giling: 3-4 bulan
3. Daging yang Sudah Dimarinasi atau Diproses: 2-3 bulan

Faktor yang Mempengaruhi Ketahanan Daging di Freezer


1. Suhu Freezer


Pastikan suhu freezer selalu berada di -18 derajat celsius atau lebih rendah. Suhu yang lebih tinggi dapat mengurangi umur simpan daging.

2. Kualitas Daging


Daging yang segar dan bebas dari kontaminasi akan bertahan lebih lama di freezer. Pastikan daging bersih dan dipotong dengan baik sebelum dibekukan.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2214 seconds (0.1#10.140)